Lanjut Pengurusan Biaya KUA

    Baru sempat diedit dikarenakan post ini sudah dipublished di Multiply tapi sayang Multiply skr tinggal kenangan. Ketemu posting ini sengaja di email, so mungkin udah lama udah basi tapi bisa menjadi kenangan betapa seru  nya pengurusan surat nikah dengan orang asing (WNA).Mungkin juga bisa jadi refesensi bagi yang ingin menikah dengan WNA. Postingan ini asli dibuat tahun 2008 tanpa edit lagi so kalo udah berubah dengan kondisi sekarang harap maklum. Berikut postingannya:                                                                                                                                                                     Setelah semua dokumen yang perlu dibawa ke KUA lengkap gw pun akhirnya mendatangi KUA Kec. Setia Budi, Jl.Setia Budi Barat/ 8K Telp. 5261876. Sempet bingung juga nyari KUA ini secara lokasinya yang masuk jauh didalam belakang SMP 58, gak ada tanda/ papan nama bertuliskan KUA Setia Budi di gerbang masuknya. Hanya saja ada gerbang besar yang disebelah kanannya ada gedung yang baru dibangun (bakal Kecamatan Setia Budi yang baru). Gw udah pede bgt kalo dokumen gw emang udah lengkap tp gw agak was2 dgn urusan financial secara bakal hubby gw ini orang asing, takut kena biaya tinggi. Setelah semua dokumen gw kasih ke petugas KUA, mereka sempet nanya dokumen udah lengkap? udah lapor ke polisi? ke Polres ato Polsek? udah ke Embassy? udah ditranslate ke bahasa Indonesia? terakhir ditanya udah mualaf?  waduh secara namanya Muhammad dan dgn tambahan bin Ahmad dibelakangnya, gw bilang aja udah Islam Pak dari lahir dan semua emang punya gw udah komplit plit. Akhirnya gw bilang udah pak semua udah sesuai prosedur. Selanjutnya mereka tanya di KUA Keb-Lama (tepat asal KUA gw) biayanya berapa? Jujur gw bilang Rp.80.000, then mereka bilang disini biaya admin Rp.150.000. Setelah semua dokumen gw serahin, mereka minta gw langsung menghadap ke kepala KUA. Disini mulailah dibicarakan mengenai biaya pernikahan, terjadi tawar menawar karena alasan calon hubby orang asing & acara di hari Sabtu (waktunya PNS utk libur) sehingga biayanya pun jauh dari pernikahan murni antara WNI pada umumnya. Akhirnya deal Rp.1.500.000 tapi penghulu datang sendiri. Alhamdulillah lega deh, cukup mahal tapi memang perlu sedikit pengorbanan untuk menikahi WNA.

Comments